UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPA MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA DI KELAS VIII-3 SMP NEGERI 2 KAWAY XVI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Said Umar SMP Negeri 2 Kaway XVI,Meulaboh. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.774

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, Materi gerak pada makhluk hidup dan benda, Pelajaran IPA

Abstract

Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway
XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah:
Bagaimanakah prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada
pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester
1 tahun pelajaran 2019/2020?”. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah
prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi
gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran
2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap
putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data
yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus1sampai siklus 2 yaitu, pra siklus (12,90%), siklus1 (64,51%) dan Siklus 2 (93,54%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup
dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk
hidup dan benda, serta penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat dijadikan sebagai salah
satu alternative model pembelajaran IPA tingkat sekolah menengah pertama (SMP)

Downloads

Published

2020-01-31