UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA SMP NEGERI 3 MEULABOH KONSEP SUHU DAN KALOR

Authors

  • Haris Haryadi SMP Negeri 3 Meulaboh, Aceh Barat, Indonesia

Keywords:

Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Penelitian tentang keaktifan belajar dan ketuntasan hasil belajar kognitip siswa melalui model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) konsep Suhu dan Kalor pada SMP Negeri 3 Meulaboh
Kabupaten Aceh Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dan
hasil belajar kognitip siswa pada konsep Suhu dan Kalor dengan menggunakan model Numbered Head Together. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 20 September
2018 sampai dengan 30 November 2018 di kelas VII-1 SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat yang
berjumlah 30 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang
dilaksanakan guru IPA berkolaborasi dengan guru mitra ( rekan sejawat ). Data penelitian diperoleh dari hasil
pengamatan aktivitas belajar siswa, respon siswa terhadap proses belajar, dan tes uji kompetensi. Analisis data
menggunakan tekhnik prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dari siklus I ke siklus II dapat meningkatkan keaktifan belajar
dan ketuntasan hasil belajar kognitip siswa: (1) keaktifan belajar siswa yang termasuk kategori tinggi
mengalami peningkatan sebesar 50%, (2) hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 40%.

Downloads

Published

2023-11-20