PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI I MEUREBO

Authors

  • Lutfi Rhofiqah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Syah Mohd Hadiid Thaariq STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Problem Based Learning (PBL) dan Kemampuan Penalaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematik siswa terhadap kemampuan penlaran
matematik siswa kelas xi SMAN I Meurebo; 2) Untuk mengetahui seberapa besar oengaruh model
pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematik siswa kelas XI SMAN I
Meurebo.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian level
treatment by level disingn. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel
siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model RME dan kelas XI IPA2
sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil analisis data
didapatkan rata-rata nilai kelas kontrol 77,80 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 86,27. Berdasarkan
uji regresi linier sederhana yang dilakukan diperoleh pengaruh model pembelajaran RME sebesar
15,21 % dan pengaruh model pebelajran PBL sebesar 33,96 %.

Downloads

Published

2023-11-16