ANALISIS KETRAMPILAN BERTANYA SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENDEKATAN STUDI KASUS DI SMPNEGERI 5 SEUNAGAN

Authors

  • Fitria Zuraida STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Fetro Dola Syamsu STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

: Ketrampilan Bertanya, Taksonomi Bloom, Pembelajaran Biologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan bertanya serta kualitas
pertanyaan yang diajukan oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Seunagan pada pembelajaran Biologi. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif degan pendekatan studi kasus. Adapun yang
menjadi populasi adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Seunagan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII yang berjumlah 38 orang. Untuk memperoleh data lapangan, penulis menggunakan teknik
observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran
Biologi di SMP Negeri 5 Seunagan berada pada kategori sedang. Sedangkan secara kualitas dan kuantitas
pertanyaan siswa SMP Negeri 5 Seunagan berada pada katagori rendah. Hal ini karena bentuk pertanyaan yang
diajukan oleh siswa masih berada pada tingkatan kognitif menghafal (C1), yaitu sebesar 50% dari total 138 butir
soal.

Downloads

Published

2023-11-16