PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELAVANCE, CONFIDANCE, SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN AKTVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA

Authors

  • Nurlinda Fitriani STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Rufa Hera STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Model ARCS, dan Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model ARCS (Attention, Relevance,
Confidence, Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem
pernapasan manusia di SMP Negeri 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif yang dilakukan dengan Pre test - Post test. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Seunagan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1
yang berjumlah 18 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 yang berjumlah 19 orang
(sebagai kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah perlakuan, aktivitas siswa kelas
eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, sedangkan keaktifan siswa di kelas eksperimen lebih
tinggi dari pada kelas kontrol dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen 76,67 sedangkan kelas
kontrol 58,16. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas
kontrol. Simpulan dari penelitian yaitu pembelajaran sistem pernapasan manusi dengan model ARCS
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Seunagan.

Downloads

Published

2023-11-16