PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMAN 1 KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Fetro Dola Syamsu STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Susi Rahmi STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

LKS, Inquiry, Pemahaman Konsep, Jamur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan hasil
penerapan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inquiry Pada Materi Jamur
Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten
Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Mixed
Methods. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(Research & Development). Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa
dan siswi SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat tahun ajaran 2018/2019. Sampel
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Kaway XVI Kabupaten
Aceh Barat yang berjumlah 27 orang. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan uji-t.
Berdasarkan hasil validasi pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Terhadap Pemahaman
Konsep Pada Materi Jamur baik digunakan bagi siswa kelas X di SMAN 1 Kaway XVI
Kabupaten Aceh Barat, hal tersebut ditandai dengan hasil jawaban siswa yang menyatakan ada
77,7% (21 siswa) yang mendapatkan peningkatan nilai. Melalui pengembangan LKS berbasis
inquiry membuat siswa lebih aktif dan mengiring siswa untuk menguasai satu atau lebih
kompetensi dasar dari materi yang diajarkan. Hasil Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa
(LKS) Berbasis Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Jamur layak digunakan
untuk siswa kelas X di SMAN 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat, karena mendapat nilai
rata-rata kelayakan dari validator sebesar 91,5% dengan kriteria layak untuk digunakan.

Downloads

Published

2023-11-16