PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI I KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Agustin Marsuci STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Fetro Dola Syamsu STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Khairil Hadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS), Berkarakter, Sistem Gerak Pada Manusia.

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem
gerak pada manusia di kelas XI-Mia1 SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat yang efektif dan valid.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan (Research & Development). Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Meureubo sebanyak 25 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, validasi dan angket. Teknis analisis data
yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini adalah Pengembangan
Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada
manusia di kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat sudah dikatakan efektif, hal
tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ada 19 orang siswa atau
76% yang mencapai nilai tuntas sementara yang tidak tuntas ada 6 orang siswa atau 24% dengan
nilai rata-rata keseluruhannya adalah 73. Hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)
berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia layak digunakan untuk
siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat, karena mendapat nilai rata-rata
kelayakan dari validator sebesar 85,95% dengan kriteria layak untuk digunakan.

Downloads

Published

2023-11-16