PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BIOLOGI SEL

Rufa Hera, Chairul Fuadi, Ana Nissa

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:  (1) Pengembangan  LKPD berorientasi model discovery learning yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa; (2) Mengetahui kualitas dari segi tingkat validitas dan efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pokok bahasan sel kelas XI Mia 2 SMA Negeri 1 Meureubo. Model Dsicovery Learning diintegrasikan dalam Lembar Kerja Peserta Didik umtuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Mia 2 SMA Negeri 1 Meurebo. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah instrument pengujian kevalidan berupa angket dan instrument pengujian keefektivan berupa angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data.Berdasarkan uji coba kevalidan LKPD yang dikembangkan berada pada kategori valid. Peseta didik juga memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan. Hal inimenandakanbahwa LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh  dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci : LKPD, model 4D, Discovery Learning, keterampilan berpikir kritis siswa, critical thinkiil    


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdur rahman. 2015. Guru Sains Sebagai Inovator. Media Akademi. Yogyakarta

Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DNA Press, 2011

Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur penelitian. Cet Ke 13; Jakarta: PT Rineka Cipta

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta

Depdiknas. 2005. Landasan Teori dalam Pengembangan Metode Pengajaran.

Djojosoediro, Wasih. 2010. Pengembangan dan Pembelajaran IPA SD. Refika Aditama. Bandung

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalian Indonesia: Bogor.

Irmaningtyas, 2013”Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI”, Jilid 2. Jakarta

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, No. 01. Tersedia pada http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul Karim.pdf.f

Nafiah, Izzaton dan prasetyo, A. P. B. 2015. Analisis Kebiasaan Berpikir

Kritis Siswa Saat Pembelajaran IPA Kurikulum 2013 Berpendekatan Scientifik. Journal of Biology Education . Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Nasir, M., & Jufri, W. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model

e untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (Jppipa), 1(2).

Nurdin, 2007 Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Surabaya: PPS UNESA.

Permendikbud Nomor 59. 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Kemdikbud. Jakarta.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press. Yogjakarta.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(3).

Ristontowi . 2011 . Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Siswa Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving. Prosiding. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMB.

Pratiwi, F. A., & Rasmawan, R. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7).

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada. Jakarta. Didasarkan pada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi