PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Khairil Hadi, Aja Putriani

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar biologi pada konsep klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilakukan dengan penggunaan metode Quasi Experimen (Experimen semu), dalam metode ini terdapat kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. kelompok ekperimen akan diberikan perlakukan khusus (variabel yang akan diuji) yaitu model Learning cycle sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan metode demonstrasi, yang akan dibandingkan hasilnya dengan perlakukan eksperimen. Adapun yang menjadi Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya pada tahun ajaran 2020/2021. Yang terdiri dari dua kelas dipilih secara random sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-A dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII-B Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan beberapa tahap yang meliputi: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji normalitas didapatkan hasil uji Kolmogorov-Smiwow dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. > 0,05 (0.200 > 0,05) dan data tersebut berdistribusi Normal. Sedangkan hasil uji homogenitas data didapatkan nilai Sig > 0,05 (0,253 > 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar tersebut sama atau homogen. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis data bahwa Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model learning cycle terhadap hasil belajar biologi dibandingan dengan yang diajarkan metode demonstrasi.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle (5e); Quasi Experimen (Experimen semu)


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ismail, M., Laliyo, L.A.R., &Alio, L. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga, Jurnal Entropi,(Online),8(1):520 (http://related:repository.ung.ac.id).

Sastrika, I.A.K., Sadia, I.W., & Muderawan, I.W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (Online), vol 1, (http://undana.ac.id).

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta:Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi