PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMPELAJARAN IPA

1Syah Mohd. Hadiid Thaariq

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Group Investigation dapat berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada pempelajaran IPA Kelas V SD Negeri Ujung Fatihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang terdiri dari 22 orang kelas VA dan 22 orang kelas VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Rata-rata nilai hasil observasi akhir siswa kelas eksperimen (VB) SD Negeri Ujung Fatihah adalah 44,68, sedangkan rata-rata nilai observasi akhi siswa kelas kontrol (VA) SD Negeri Ujung Fatihah adalah 38,05. Hal ini terbukti dengan hasil analisa data statistik “Uji t-Test” yaitu diperoleh nilai thitung (3,195) > ttabel (1.72074). Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada pempelajaran IPA Kelas V SD Negeri Ujung Fatihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya.

 

Kata Kunci :

Pengaruh, Group Investigation, Keaktifan Siswa, IPA.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Manizar, Elly. 2015. Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Tadrib Vol. 1, No 2. Desember 2015

Nurbaity, Sondang, dan Wahyu Rochadi Utami. 2010. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam IPA Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio Melalui Lesson Study di SMP Sekolah Alam dan Sains Aljannah Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 6, Nopember 2010.

Prawiradilaga, Maudiarti, Setiawan. 2014. Pembaruan Pembelajaran, Modul 1. Diakses tanggal 25 Maret 2019.

Slavin. R. E. 2012. Cooperative learning: Theory, research and practise (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon.

Suartika et al., 2013. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogtakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryanda, PW. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keaktifan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB). Volume 9 No 2, 37-44. ISSN: 0853-2451

Tanzeh, A. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawawi Pers.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi