DEVELOPMENT OF LKPD BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) RESPIRATORY SYSTEM MATERIAL CLASS XI SMA/MA

Authors

  • Hasarah Tutabarat Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Nirwana Anas UINSU Medan
  • Miza Nina Adlini UINSU Medan

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.745

Abstract

LKPD adalah alat belajar peserta didik yang berisi petunjuk-petunjuk kegiatan yang akan dilaksanakan peserta didik secara aktif dan mengacu pada kompetensi dasar yang hendak dicapai. LKPD yang digunakan masih didominasi dalam ranah kognisi Lower Order Thinking Skills (LOTS) berupa indikator mengingat, memahami serta aplikasi saja. Faktor penyebab rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah kurang tersedianya soal- soal tes yang didesain khusus untuk melatih penggunaan berpikir tingkat tinggi atau lebih dikenal sebagai HOTS yang mencakup indikator analisis, evaluasi, dan mencipta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembarangket analisis kebutuhan, lembar validasi untuk ahli isi, ahli konstruksi, angket untuk respon guru biologi dan respon peserta didik serta tes yang dilakukan secara pretest-postest yang sudah divalidasi oleh ahli soal untuk melihat keefektifan LKPD berbasis HOTS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis HOTS yang telah dikembangkan mendapatkan persentase 77% (validasi materi) dengan kriteria valid, 86% (validasi media) dengan kriteria sangat valid, serta 100% (respon guru biologi) dan 95% (respon peserta didik) dengan kriteria sangat praktis serta validasi soal 83,33% dengan kriteria sangat valid. LKPD juga dinyatakan efektif dilihat dari ketercapaian hasil N-Gain dengan mendapatkan skor rata-rata sebesar 84,59 % dengan kategori efektif. Berdasarkan penjabaran hasil diatas dinyatakan bahwa LKPD berbasis HOTS yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dikelas.

Downloads

Published

2023-11-20