PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN LITERASI SAINS BERBASIS DIGITAL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM UPAYA MENDUKUNG GERAKAN LITERASI NASIONAL

Authors

  • Haryati STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Azrina Purba STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.731

Keywords:

Asesmen, Literasi Sains, Digital

Abstract

Pada hakekatnya penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan asesmen literasi sains berbasis digital yang berkualitas. Dalam  rangka  pengembangan  literasi  sains  peserta  didik,  pengembangan  Instrumen  Asesmen  Literasi Sains  sangat  penting  untuk  melatih siswa agar  terbiasa  dengan  persoalan  dalam  bidang  literasi.Tujuan penelitian  ini  adalah  mengembangkan  instrumen  asesmen  literasi  sains  yang  valid  dan  reliabel  untuk mengukur  kemampuan  literasi  sains  siswa  kelas  VII  sekolah menengah pertama.  Metode  penelitian  yang  digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  metode  penelitian  pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ar Rahman Wampu sebnayak 20 orang siswa. Produk  akhir  dalam  penelitian  pengembangan  ini  adalah sebuah model asesmen literasi sains berbasis digital untuk mengukur kemampuan literasi sains yang telah dinyatakan valid dan  layak oleh  ahli/pakar berupa  25 butir soal. Tahapan pengembangan  Instrumen  diawali dengan  melakukan analisis kebutuhan, Hasil validitas instrumen tes oleh ahli aspek materi mendapat rerata total sebesar 4,35 dengan kategori Baik dengan sedikit revisi yang berarti bahwa asesmen ini memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan pada siswa kelas VII diperoleh Hasil tanggapan atau respon siswa dengan persentase total rata-rata keseluruhan diperoleh sebesar 82,67% yang menjawab iya. Ini berarti respon siswa dalam menggunakan asesmen ini dalam kategori respon yang positif. Keefektifan  instrumen  tes  berada  pada kategori  efektif  dan  sangat  sesuai  dengan  demikian  dapat  disimpulkan bahwa asesmen literasi sains berbasis digital baik dna layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-09-30