PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X YAYASAN NURUL ISLAM INDONESIA MATERI LUMUT

Authors

  • Tedy Kurniawan UINSU
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rohani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.721

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Yayasan Nurul Islam Indonesia. Modul yang dikembangkan akan memudahkan siswa dalam memahami materi tentang Lumut (Bryophyta) Penelitian ini menggunakan Penelitian Reaserch and Development (R&D) yaitu 4D (Define, Design, Develop and Disseminate ). Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal berisi tentang pengertian lumut, struktur lumut, ciri-ciri lumut, habitat serta jenis-jenis lumut. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli yaitu ahli materi dan ahli media, guru mata pelajaran serta subjek siswa kelas X IPA Yayasan Nurul Islam Indonesia sebagai calon pengguna produk yang terdiri dari 7 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 16 orang siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket yang digunakan untuk menilai modul yang dikembangkan dari segi kelengkapan modul, isi materi maupun tampilan fisik modul. Data analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji coba kelompok kecil modul ajar berbasis CTL bagi siswa Kelas X Yayasan Nurul Islam Indonesia termasuk dalam kategori sangat praktis dan pada uji coba kelompok besar termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian, modul ajar berbasis CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Yayasan Nurul Islam Indonesia pada materi Lumut ini layak digunakan oleh siswa dalam melaksanakan pembelajaran.

Downloads

Published

2023-10-09