PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Authors

  • Siti Nurbaya UINSU
  • Syarifah Widya Ulfa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rohani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh strategi Problem Based Learning berbantuan Fishbone Diagram untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 1 MEDAN. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 MEDAN yang terdiri dari kelas XI IPA12 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA10 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini dalam bentuk tes berupa soal essay sebanyak 12 butir soal dengan indikator berpikir kritis siswa. Analisis data kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan Microsoft Excel 2021. Analisis indikator dan hasil perhitungan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa peserta didik menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Uji prasyarat terbukti berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil perhitungan hipotesis terlihat bahwa t hitung bernilai 2,266569888, Maka hipotesis alternatif penelitian (H1) diterima yang berarti hipotesis terjawab. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan Terdapat pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) berbantuan Fishbone Diagram terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen (dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning) lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol (dengan menggunakan strategi konvensional) di kelas XI MAN 1 MEDAN. 

Downloads

Published

2023-10-09