PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM MUSLIM HANDS MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Authors

  • Syah Mohd. Hadiid Thaariq STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Aceh Barat, Indonesia
  • Fira Yunita STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Khairil Hadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.713

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Islam Muslim Hands. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VII di SMP Islam Muslim Hands. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan lembar validasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif kuantitatif, rumus t-test dengan taraf 5%. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata nilai posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 76,83, sedangkan rata-rata nilai posttest hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 69,67. Hasil analisa data statistik “Uji t-Test” yaitu diperoleh harga thitung (2,721) > ttabel (1,699). Jika harga thitung > ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05, hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Muslim Hands pada materi klasifikasi makhluk hidup. Dari hasil tersebut (Ha) dinyatakan diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Muslim Hands pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.

Downloads

Published

2023-10-26