PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Authors

  • Halimatussya’diyah Hasibuan Program studi Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Indayana Febriani Tanjung Program studi Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rohani Program studi Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.708

Keywords:

LKPD, Problem Based Learning, Sistem Ekskresi Manusia

Abstract

Model Problem Based Learning melibatkan proses intelektual dan kognitif untuk mendukung pembelajaran dapat digunakan dengan menggunakan LKPD yang mendukung proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi manusia dengan kriteria valid, praktis dan efektif dalam proses pembelajaran. penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh secara dengan respon sebesar 90%, Berdasarkan validasi ahli media memperoleh respon sebesar 80%, adapun hasil rata-rata yang di dapat sebesar 85% dengan kategori “sangat valid”. Demikian dari segi kepraktisan kepada peserta didik diperoleh jumlah nilai rata-rata dengan persentase 96,6% dengan kategori ‘’sangat praktis”. Dari segi keefektifan, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat pretest dengan kriteria sangat kritis sebesar 60,33%, cukup kritis sebesar 0,63% dan kurang kritis 0% dan pada saat dilakukan posttest dengan kriteria sangat kritis sebesar 0,91% dan cukup kreatif sebesar 0,08%. Maka dapat dinyatakan keefektifan dilihat dari ketercapaian hasil N-Gain dengan mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,76 dengan kategori efektif.

Downloads

Published

2023-09-11