PENGARUH RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD INPRES BORONG JAMBU II

Authors

  • Astari Puspita Sari Universitas Megarezky
  • Waddi Fatimah Universitas Megarezky
  • Syamsul Alam Universitas Megarezky
  • Cayati Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.705

Keywords:

Reciprocal Teaching Beripikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sd Inpres Borong Jambu II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb yang berjumlah 26 siswa teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes kemapuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif dimana aktivitas siswa mendapatkan rata-rata sebanyak 3,7 dan aktivitas guru mendapatkan rata-rata sebanyak 3,6 dengan kategori sangai baik. Kemudian hasil dari analisis inferensial dimana uji normalitas 0.087, uji homogenitas 0.205 dan hasil uji T 0,001 < 0,05 dari hasil analisis yang didapatkan menujukkan bahwa reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas Vb SD Inpres Borong Jambu II.

Downloads

Published

2023-09-19