PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI ENERGI KELAS IV DI SDN KLIWONAN

Authors

  • Neni Tri Novanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muflikhul Khaq 3Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

Keywords:

ENSIKLOPEDIA, IPAS, ENERGI, KEARIFAN LOKAL, PROFIL PELAJAR PANCASILA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk Ensiklopedia Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Kelas IV di SDN Kliwoanan sesuai dengan prosedur pengembangan, 2) Mengetahui kelayakan Ensiklopedia Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Kelas IV di SDN Kliwoanan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN Kliwonan dengan jumlah 32. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obeservasi, wawancara dan angket. Data yang diperoleh yaitu kevalidan dan kepraktisan produk.

Hasil penelitian pengembangan Ensiklopedia Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Kelas IV di SDN Kliwoanan ini adalah: 1) Penelitian ini menghasilkan produk berupa Ensiklopedia Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Kelas IV di SDN Kliwoanan, 2) Kelayakan Ensiklopedia Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Kelas IV di SDN Kliwoanan berdasarkan kevalidan dengan skor rerata 3,7 dan kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik dengan skor rerata 3,79 serta hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan skor rerata 3,78  dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ensiklopedia Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi Kelas IV di SDN Kliwoanan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar.

 

Downloads

Published

2023-09-13