PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE LASSROOM MAHASISWA INTITUT KESEHATAN PRIMA NUSANTARA BUKITINGGI PADA MASA WABAH COVID-19

Yulia Ratna Sari, Yuko Masnarivan

Abstract


Aplikasi google classroom sebagai salah satu bentuk aplikasi learning management system yang dipilih paling banyak oleh mahasiswa karena dirasakan mudah untuk digunakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) respon mahasiswa dalam kemudahan mengakses aplikasi google classroom, 2) pemahaman materi dalam pembelajaran dengan menggunakan google classroom, 3) keefektifan penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran daring, 4) Penggunaan google classroom dalam praktikum. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif menggunakan teknik survey. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan wawancara secara online yang diberikan kepada mahasiswa sebanyak 27 orang mahasiswa yang terdiri dari 3 jurusan pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 52,93% mahasiswa menyatakan kurang setuju dalam kemudahan mengakses aplikasi google classroom, 62,63% mahasiswa menyatakan setuju dalam pemahaman materi pembelajaran dengan menggunakan google classroom, 60,42% mahasiswa menyatakan setuju dalam keefektifan penggunaan aplikasi google classroom, dan 46,74% mahasiswa menyatakan setuju dalam penggunaan aplikasi google classroom dalam praktikum. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran daring pada masa wabah covid-19 sudah cukup baik dan efektif, hanya saja akan lebih baik jika dipadukan dengan platform online lainnya.

 

Kata Kunci : 1. Google Classroom, 2. Covid-19, 3. Learning Management System

Full Text:

PDF

References


Referensi

Al-Maroof, R., dan Al-Emran, M. (2018). Student’s Acceptance of Google Classroom : An Exploratory Study using PLS-SEM Approach. I-JET, 13(6), 112-123.

Cucinotta, D., dan Vanelli, M. (2020). WHO Declares Covid-19 a Pandemic. Acta Biomed, 91(1), 157-160.

Gofur, A. (2018). Using Google Classroom on Inquiry Based Learning to Improve Student’s Learning Participation. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 1503-1509.

Hapsari, S., dan Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225-233.

Hikmatiar, A., Sulisworo, D., dan Wahyuni, M. (2020). Pemanfaatan Learning Management System Berbasis Google Classroom dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1-9.

Kusuma, A., dan Astuti, W. (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah, 67-89.

Maolani A.R. dan Cahyana U. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan.Rajagrafindo Persada: Jakarta

Maskar, S., dan Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110-121.

Muslik, A. (2019). Google Classsroom sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Andragogi : Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 246-255.

Nirfayanti dan Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning Berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.

Jamaludin,D., Ratnasih T, Gunawan H., Paujiah E. (2020).Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan ,Solusi dan Proyeksi.Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung,1-10.

Purwanto, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Phsycology, and Counselling, 2(1), 2716-4446.

Putri, G., dan Dewi, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom. Al-Fikrah, 2(1), 60-79.

Rikizaputra, dan Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106-118.

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39-46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi