PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 ULU IDANOTAE

Authors

  • Eka Septianti Laoli Universitas Nias
  • Arianto Lahagu Pendidikan Ekonomi Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.689

Abstract

Abstrak:

Tujuan penelitian : (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Qustion Student Have SMP Negeri 4 Ulu Idanotae, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu melalui penerapan  metode pembelajaran Qustion Student Have SMP Negeri 4 Ulu Idanotae.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Ulu Idanotae dengan subjek penelitian siswa kelas VII  yang berjumlah 30 orang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian (1) Lembar observasi, terdiri dari (a) lembar observasi untuk siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran (b) lembar observasi untuk siswa yang aktif dalam proses pembelajaran (c) lembar observasi dalam proses pembelajaran responden guru. (2) Tes hasil belajar, (3) Lembar wawancara. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran IPS Terpadu terperbaiki dengan menerapkan model Pembelajaran Question Student Have. Hasil pengamatan untuk siswa yang tidak aktif pada siklus I yaitu 23,8% dan pada siklus II menurun menjadi 18,8%. Rata-rata persentase siswa yang aktif pada siklus I yaitu 76,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,2%. Rata-rata hasil pengamatan dalam proses pembelajaran responden guru pada siklus I yaitu 67,61% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,38%, (2) Rata-rata hasil belajar baik  melalui penerapan metode pembelajaran Question student have. Rata-rata hasil belajar pada akhir siklus I adalah 63,441 tergolong kategori cukup dan pada akhir siklus II adalah  86,19 tergolong kategori baik. Persenatase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 47,61% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar mencapai 90,47%.

 

 

Downloads

Published

2023-08-28