UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL WEB NEARPOD

Authors

  • Ahmad Farhan Sagara Universitas Pakuan
  • Lina Sugiarti SMAN 7 Bogor, Indonesia
  • Dina Dyah Saputri Universitas Pakuan
  • Tanti Kusumayati SMAN 7 Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.663

Keywords:

Motivasi belajar, media pembelajaran, media Nearpod

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI IPA 6 di SMAN 7 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas pada konsep sistem koordinasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 6 di SMAN 7 Kota Bogor yang berjumlah 34 peserta didik. Pengambilan data menggunakan teknik observasi untuk melihat aktivitas pembelajaran dan angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa motivasi belajar peserta didik sebelum mengikuti proses pembelajaran memiliki skor rata-rata 73%. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media Nearpod dan didapati motivasi belajar peserta didik meningkat pada siklus I yaitu 76%, dan skor rata-rata pada siklus II semakin meningkat menjadi 78%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media digital Web Nearpod dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan pendidikan di era digital.

Downloads

Published

2023-09-02