VALIDITAS MODUL ETNOBIOLOGI BERBASIS ETNOBOTANI MASYARAKAT TERNATE

Authors

  • Juniartin Program Studi Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Ternate

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i1.651

Keywords:

modul pembelajaran, validitas, etnobiologi, etnobotani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul pembelajaran Etnobiologi berbasis etnobotani masyarakat Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan desain pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Validasi modul terdiri dari validasi aspek materi yang dilakukan oleh 2 dosen Tadris Biologi, validasi aspek media dilakukan oleh 2 dosen Teknologi Pembelajaran, dan validasi aspek bahasa dilakukan oleh 2 dosen Pendidikan Bahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran Etnobiologi berbasis etnobotani masyarakat Ternate yang telah dikembangkan memiliki validitas dengan kriteria sangat valid baik dari aspek materi (88,5%), media (92,5%), maupun bahasa (91,12%). Dengan demikian modul dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan uji coba.

Downloads

Published

2023-03-31