PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL DI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 3 KUALA

Khausar Khausar, Khairil Hadi, Ernawati Ernawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA diSMA Negeri 3 kuala. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Kuala yang terdiri dari dua kelas yaitu IPA 1 dan IPA 2. Sampel penelitian ditentukan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan LKS. Analisis data diolah dengan menggunakan program SPSS (Statistical Packaget for Social Sciences) versi 20. Hasil Uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 8,161 dan  ttabel  sebesar 2,281 . Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel  dengan taraf yang digunakan adalah taraf nyata a = 0,05. Dengan demikian dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi sel dikelas XI IPA di SMA Negeri 3 Kuala.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Kontekstual, Power Point, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, M. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Hadi, K. 2017. Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Di Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Bionatural Volume 4 No 2 September ISSN 2355-3790.

Rahmah, Cut Siti. 2017. Indentifikasi Permasalahan Belajar Siswa Di Man 2 Banda Aceh. Banda aceh: UIN Ar-Raniry.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama: Bandung.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi