TINGKAT LITERASI DIGITAL SISWA DITINJAU DARI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA MENGENGAH ATAS (SMA) KECAMATAN KUALA NAGAN RAYA

Rita Oktavia, Aristo Hardinata

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat literasi digital siswa ditinjau dari penggunaan teknologi informasi sebagai mobile learning dalam pembelajaran biologi. Selain itu sebagai data base informasi apakah yang menjadi kendala pengemabangan literasi digital  pada siswa mengengah atas (SMA) kecamatan kuala. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif.  Teknik analisa data menggunakan statistika deskriptif dengan tahapan modifikasi metode. Penyajian data dibuat dalam bentuk tabel nilai-nilai statistiknya, sedangkan patokan penilaian menggunakan Penilaian Acuan Patokan atau PAP Tipe II.  Hasil diperoleh pada SMA N 1 Kuala tingkat literasi digital siswa masuk kategori penilaian rendah pada 35,5%. Sedangkan pada SMA N 3 Kuala tingkat literasi siswa masuk kategori penilaian Cukup  51,7%. Dapat disimpulkan bahwa kategori penilaian tingkat literasi digital siswa Rendah pada SMA N 1 Kuala.  Sedangkan pada SMA N 3 Kuala kategori penilaian tingkat literasi digital siswa Cukup.   Menunjukkan bahwa penerapan disekolah terkait multimedia dan penggunaan teknologi informasi masih kurang diterapkan oleh tenaga pendidik. Selain itu, penerapan literasi digital diluar sekolah belum dikembangkan atau diterapkan oleh siswa dengan baik sebagai mobile learning.

 

Kata-kata kunci: Literasi Digital, Internet, Multimedia, Teknologi Informasi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27

Atmanegara, Y. (2019). Building students’ digital literacy skill through weblog - library center approach. Didascein Bahasa, 4(2), 21–32. http://www.univ-tridinanti.ac.id/ejournal/index.php/bahasa/article/view/518/494

Chan, B. S. K., Churchill, D., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning In Higher Education Through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research (JIER), 13(1), 1–16. https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907

Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi Fakultas Adap Dan Humaniora, 1(1), 58. https://doi.org/10.29333/aje.2019.423a

Feliska, H. . (2019). Tingkat Literasi Digital Siswa ditinjau dari Prestasi Belajar, Jenis Kelamin, Dan Motivasi Belajar. Duke Law Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Hardinata, A., Simatupang, H., Hanifa, F., Latip, A., Efwinda, S., & Yogica, R. (2020). SURVEY ON THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LECTURES DURING COVID-19 PANDEMIC : METHODS AND DIFFICULTIES. Indonesian Science Education Research (ISER), 2(2), 7–12.

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi PBL Untuk Menyiapkan Calon Pendidik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY:Islamic Teacher Journal, 6(2), 1–25.

Oktavia, R. (2018). Klasifikasi Kompetensi Guru Sekolah Dasar Bersertifikat Pendidik Di Kabupaten Aceh Selatan. GENTA MULIA, IX(1), 63–76.

Oktavia, R. (2020). Pengaruh Multimedia Interaktif pada pembelajaran Biologi Jaringan Tumbuhan Terhadap Keaktifan Dan Pengetahuan Siswa SMAN 6 Darul Makmur. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 73–81.

Patmanthara, S., & Hidayat, W. N. (2018). Improving Vocational High School Students Digital Literacy Skill through Blended Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012076

Sai, M. (2017). Pengaruh Model group Investigation Berbasis Internet Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Digital Literasi Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sari, S. S. (2019). Kemampuan Literasi Digital Kalangan Siswa SMP dan SMA di Daerah Pedesaan Kabupaten Blitar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Sholikha, S. (2019). Profil Literasi digital siswa Terhadap Media Pembelajaran Matur suwon (Mathematics adventure of Super Wonder) PAda Materi Aritmatika Sosial. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Fakultas Pendidikan Matematika Dan IPA.

Tuti, A. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya:Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 1–24.

Wibowo, H., Syamsurizal, S., & Yelianti, U. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA SMA Xaverius I Jambi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i1.1350

Yusuf, R., Sanusi, Maimun, Hayati, E., & Fajri, I. (2019). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen. Prosiding Seminar Nasional Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 185–199.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi