PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MUTIARA

Authors

  • Dedet Agus setiawan 02082001
  • Muhyiatul Fadilah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik di SMA negeri 1 Tanjung Mutiara. Adapun desain penelitian ini menggunakan rancangan design posttest only dengan membandingkan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis berupa soal essai berjumlah 5 butir soal. Uji hipotesis menggunakan uji t. hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara.

Downloads

Published

2023-08-04