PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

Deka Syuhada, Khairil Hadi, Yuli Amalia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran Biologi di kelas XIMIAI SMA Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan September 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIMIAI yang berjumlah 20 orang dan seorang guru Biologi di kelas XIMIAI SMA Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket dan lembar validasi. Hasil penelitian adalah Peran guru dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Meureubo adalah sudah maksimal karena guru sudah melaksanakan perannya dengan baik untuk memotivasi belajar siswa, adapun peran guru dalam motivasi belajar siswa pada pembelajaran Biologi antara lain guru menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, guru mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif, guru menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, guru meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar, guru memberikan penghargaan kepada siswa bisa berupa nilai, hadiah, pujian, dan sebagainya agar siswa termotivasi akan belajar dan selalu ingin menjadi yang terbaik, dan guru mampu menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dalam kelas.

 

Kata Kunci          :     Peran Guru, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah. 2010. Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Jamiati, Rachmat Rahputra, M. Akip. 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 1.

Khairil Hadi & Dazrullisa, 2018. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kearifan Lokal, Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5 No 1.

Muh, Zein. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume V, Nomor 2.

Miles & Huberman. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Pisol Iswahyudi. 2017. Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Skripsi Stanawiyah Jam’iyyatul Khoir Kampung Utan Ciputat Timur.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Simamora. 2015. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1, No 2.

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Kelas VII. Bionatural.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi