PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PERUBAHAN ENERGI IPA KELAS IV SD NEGERI MARGAGIRI 2

Titi Hardianti, A Syachruroji, Nana Hendracipta

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berkarakteristik CTL dalam pembelajaran IPA materi perubahan energi kelas IV SD NEGERI MARGAGIRI 2 untuk meningkatkan hasil belajar, untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis CTL dalam pembelajaran IPA materi perubahan energi kelas IV SD NEGERI MARGAGIRI 2 dan mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis CTL dalam pembelajaran IPA materi perubahan energi kelas IV SD NEGERI MARGAGIRI 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari Sugiyono yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk (ujicoba terbatas).LKPD berbasis CTL ini dilakukan uji validasi ahli yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan ujicoba produk (ujicoba terbatas) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD NEGERI MARGAGIRI 2 dengan jumlah 17 peserta didik. Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 95,23% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli media menunjukkan LKPD berbasis CTL ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 80% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli bahasa menunjukkan LKPD berbasis CTL ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 98,33% dengan kategori sangat layak. Hasil ujicoba produk (ujicoba terbatas) memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,12% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTLyang dikembangkan pada peserta didik kelas IV SD sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi perubahan energi.

 

Kata kunci:LKPD, CTL, ilmu pengetahuan alam.



Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S.2010. prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka cipta.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 12. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

BSNP.2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

BSNP.2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Johnson, E. 2010.Contextual Teaching and Learning. Bandung: Penerbit Kaifa.

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Repika Aditama.

Partin, Robert L. 2009.Kiat Nyaman Mengajar di Dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif .Jogjakarta: DIVA Press

Priyanto, D.2010Paham analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Media komunikasi.

Rahmawati, E. 2015.Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku unttuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar Vol 1(1)97-101.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2009.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. 2014.68 Mosel Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum2013.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sudjana dan Ahmad Rifa’i. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustak

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2011). Pembelajaran

Matematika SD. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Riduwan. (2009). Rumus dan Data dalam

Aplikasi Statistika. Bandung:

Alfabeta.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan

(Jenis, Metode dan Prosedur).

Jakarta: Prenamedia Group.

Sudjana, Nana. (2015). Media Pengajaran.

Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian

Pendekatan Kuantitatif,

Kualititaif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi