PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JAMUR (FUNGI) KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

Windarti Windarti, Fetro Dola Syamsu, Syah Mohd Hadiid Thaariq

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Crossword Puzzle materi jamur (fungi) Kelas XI MIA2 di SMA Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Adapun waktu pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Juni sampai Agustus 2020. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA2 Negeri 1 Meureubo, dengan jumlah siswa 20 orang, dengan perincian jumlah laki-laki 8 orang dan jumlah perempuan 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, lembar tes, dan lembar validasi. Hasil penelitian adalah hasil belajar yang diperoleh pada pra tindakan persentase jumlah siswa yang tuntas hanya 3 orang siswa atau 15,00% dari 20 orang siswa, dan sesudah menerapkan penerapan model pembelajaran Crossword Puzzle siklus I hasil belajar siswa meningkat namun belum maksimal, persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM baru 11 orang siswa atau 55,00%. Sehingga perlu diadakan siklus II, setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai target yang telah ditentukan maka siklus dihentikan, dimana persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 18 orang atau 90,00% dari jumlah siswa secara keseluruhan.

 

Kata Kunci          :     Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar Siswa, Jamur (Fungi).

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.

Khausar, K. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru Yang Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1.

Mardhatillah & Anzar, Safni. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bina Gogik, Volume 4 No. 1.

Serli. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Seni Tari Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar Vol 02. N0.02.

Sri, H., & Oktavia. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Croosword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Bukit Raya Pekanbaru, Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 5 No 1.

Sudijono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuliana. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 02 No 03.

Rahmi, S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Jamur Untuk Siswa Kelas SMAN 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. 6(1), 21–34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi