PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, MINAT BERWIRAUSAHA, KREATIVITAS, MOTIVASI, DAN LIFE SKILL SISWA

Authors

  • Rafeah Husni UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.591

Abstract

Pada periode bonus demografi saat ini, salah satu masalah terbesar Indonesia adalah tingginya tingkat pengangguran. Hal ini disebabkan kurangnya kompetensi lulusan SMA maupun perguruan tinggi dalam menciptakan lapangan kerja secara mandiri. Kebanyakan mereka lebih fokus untuk mencari kerja, sementara jumlah lapangan pekerjaan tidak mampu mewadahi para pencari kerja yang semakin meningkat. Untuk itu perlu diadakan pengintegrasian nilai dan prinsip kewirausahaan dalam kurikulum di dunia pendidikan. Biologi merupakan mata pelajaran yang memiliki peluang besar dalam menerapkan nilai dan prinsip kewirausahaan. Melalui pendekaran pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship konsep-konsep biologi dapat di sandingkan dengan prinsip kewirausahaan seperti materi bioteknologi, lingkungan, tumbuhan, hewan, dan sebagainya. Berbagai penelitian tentang Bioentrepreneurship telah banyak dilakukan, untuk itu perlu diadakan penelitian dalam bentuk meta analisis dalam mengungkapkan keefektifan Bioentrepreneurship jika diterapkan dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian ini adalah meta analisis data, yaitu mengkaji penelitian-penelitian sebelumnya terkait penerapan Bioentrepreneurship dalam pembelajaran biologi. Populasi penelitian adalah jurnal terdahulu dalam kisaran 10 tahun terakhir (2013-2023) yang diperoleh secara online dari google scholar. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Bioentrepreneurship efektif dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Minat Berwirausaha, Kreativitas, Motivasi, dan Life Skill siswa.

Downloads

Published

2023-07-12