PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

Authors

  • Erdi Surya Pendidikan Biologi Universitas Serambi mekkah
  • Evi Apriana Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah
  • M. Ridhwan Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah
  • Armi Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah
  • Roslina Pendidikan Matematika Universitas Serambi Mekkah
  • Lukmanul Hakim Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Serambi Mekkah
  • Fina Sasmita Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.549

Abstract

Pembelajaran yang terdapat di sekolah harus dilakukan sesuai dengan kearifan lokal yang terdapat di wilayah sekitar sekolah, Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep interaksi makhluk hidup dan lingkungan berbasis kearifan lokal dapat melakukan tindakan di tingkat SMP, khususnya siswa kelas VII. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada Konsep Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal di SMP Negeri 14 Banda Aceh.. Teknik pengumpulan data menggunakan silabus, RPP, LKS, tes pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi interksi makhluk hidup dengan lingkungan berbasis kearifan lokal pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Hal ini didasari pada kemampuan tes awal (pre-test) dan kemampuan akhir (post-test), dan peningkatan nilai peserta didik setelah pembelajaran hasil belajar siswa di kelas VII-A sudah maksimal. Nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa pada saat pre test hanya mencapai 62,50. Sedangkan pada saat post test mencapai nilai 89,25. Nilai N-Gain juga menunnjukkan 0,71 yang termasuk kategori tinggi. Hal ini dikarenakan peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Hasil pembagian angket kepada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 14 Banda Aceh diketahui bahwa tanggapan responden terhadap pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan berbasis kearifan lokal melalui penerapan model Problem Based Learning ditanggapi dengan baik.

Downloads

Published

2023-10-24