UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 3 SEUNAGAN

Roni Elfahmi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran daring pada pandemi Covid 19 di SMA Negeri 3 Seunagan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (action research). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam melaksanakan pembelajaran Daring pada proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di SMA Negeri 3 Seunagan yang berjumlah 34 orang Guru, berdasarkan hasil observasi, guru-guru tersebut belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran Daring. Objek penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan kemampuan Guru dalam pembelajaran Daring melalui aplikasi google classroom. Instrumen penelitian berupa lembar Kuesioner, yang  berguna untuk mencatat semua peristiwa pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran Daring selama penelitian. Hasil   penelitian   menunjukkan  Pemahaman Guru-guru di SMA Negeri 3 Seunagan dalam pembelajaran Daring sesuai dengan tuntutan Pemerintah di masa Pandemi Covid-19 yang mewajibkan Guru untuk melaksanakan pembelajaran secara Daring sudah dilaksanakan dan dijalankan dengan baik di SMA Negeri 3 Seunagan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I, pemahaman guru dalam pembelajaran Daring yang dilakukan selama proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Seunagan didapat jumlah 1.260. Nilai rata-rata 37, dengan persentase 77,20%. Dengan demikian pemahaman Guru-guru di SMA Negeri 3 Seunagan dalam kategori Cukup Baik. Kemudian meningkat setelah pelaksanaan Siklus II Pembelajaran Daring yang dilakukan selama proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Seunagan didapat jumlah 1.339. Nilai rata-rata 39, dengan persentase 82,04%. Dengan demikian pemahaman Guru-guru di SMA Negeri 3 Seunagan dalam kategori Baik. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman Guru dalam Pembelajaran Daring di SMA Negeri 3 Seunagan dalam kategori baik.

 

Kata Kunci          :  Kompetensi Guru, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan,2(1).https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.

Jakarta: Rineka Cipta.

Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia

Kusnandar. 2008 . Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maudiarti, Santi. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32 (1), 53-68.

Mustofa. 2007. Upaya pengembangan profesionalisme guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 4 (1):76-88.

Sriwihajriyah, N. ;, Ruskan, E. L. ;, & Ibrahim, A. (2012). Sistem pembelajaran dengan e-learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(1), 450–449.

Wahyuni Eka Afrianti. 2018. Penerapan Google Class Room dalam Pembelajaran Akuntansi, Universitas Islam Indonesia.

Wicaksono, S. R. (2012). Kajian Pembelajaran Online Berbasis Wiki Di Lingkup Perguruan Tinggi. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(1), 51. https://doi.org/10.11591/edulearn. v6i1.190.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi