PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELAVANCE, CONFIDANCE, SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN AKTVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA

Nurlinda Fitriani, Rufa Hera

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan  manusia di SMP Negeri 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan Pre test - Post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  VIII SMP Negeri 5 Seunagan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 18 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 yang berjumlah 19 orang (sebagai kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah perlakuan, aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, sedangkan keaktifan siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen 76,67 sedangkan kelas kontrol 58,16. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Simpulan dari penelitian yaitu pembelajaran sistem pernapasan manusi dengan model ARCS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Seunagan. 

Kata Kunci: Model ARCS, dan Sistem Peredaran Darah pada Manusia


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriliyanasari, Rani. 2011. Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Didukung Multimedia Interaktif Di SMP N 1 Sumowono. Semarang : sripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Darsono M, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Envir Setyadin dan Joko. Pembelajaran Motivasional Model Attention, Relevance ,Confidence, Satisfaction (Arcs) Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Jptk : FKIP, UNS, 2013.

Feng S. dan Tuan H. 2005. Using ARCS Model To Promote 11th Graders’ Motivation And Achievement In Learning About Acids And Bases. International Journal of Science and Mathematics Education 3: 463–484.

Keller JM. 2003. Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of Instructional Development,10(1), 2-10.

Keller. 2007. Development and Use of the ARCS Model of Instructional Design dalam Hodges, Charles.2007. The Journal of Interative Online Learning Vol.2, No3, Winter 2007, Hal 1-7.

Moleong. 2005. metodologi penelitian kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya

Uno. 2010. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Bumi aksara.

Wulandari D. 2008. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia dengan Pendekatan ARCS(Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 (Skripsi). Semarang : UNNES.

Hera, R., Pendidikan, F. S.-E. J. I., & 2020, undefined. (n.d.). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Educational Research in Indonesia. Edunesia.Org. https://edunesia.org/index.php/edu

Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia, 11(1), 65–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi