PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Syah Mohd Hadiid Thaariq, Chairul Fuadi

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang terdiri dari 23 orang kelas X-Mia1 dan 23 orang kelas X-Mia2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest pemahaman konsep siswa kelas eksperimen adalah 77,17, sedangkan rata-rata nilai posttest pemahaman konsep siswa kelas kontrol adalah 66,52. Hal ini terbukti dengan hasil analisa data statistik “Uji t-Test” yaitu diperoleh harga thitung (3,648) > ttabel (1,717). Jika harga thitung > ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05, hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima, yang artinya terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya.

Kata Kunci :

Pengaruh, Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar,  Sumber Belajar, Pemahaman Konsep.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mahlianurrahman, M., & Syamsu, F. D. (2019a). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA SEKOLAH DASAR. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1359

Mahlianurrahman, & Syamsu, F. D. (2019b). Developing Tutorial Video for Enhancing Elementary School Students’ Process Skills in Science. In Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Kelas VII. Bionatural.

Syamsu, F. D., Mohd, S., & Thariq, H. (2018). Analisis inventarisasi alat dan bahan laboratorium biologi di sma negeri kabupaten aceh barat. BIOnatural.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Husamah. 2013. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA di SDN Sumbersari Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Unviversitas Negeri Malang

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tuti. E. 2010. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi