MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Fetro Dola Syamsu, Khairil Hadi, Abdul Razab

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan berbasis saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran materi keanekaragaman hayati kelas X SAINS II MAN 2 Aceh Barat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Aceh Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SAINS II sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara tes (pretest dan post test) dan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X SAINS II MAN 2 Aceh Barat meningkat dengan penerapan pendekatan Berbasis Saintifik. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 45,45% atau 10 orang. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 90,90 atau 20 orang siswa.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar Siswa, Penelitian PTK.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pt Bumi Aksara

Batoro, Jati. 2015. Pengelolaan Lingkungan Dengan Pendekatan Etnobiologi-Etnobotani. Malang : Universitas Brawijaya Press (Ub Pres)

Hosman, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Kemendikbud. 2016. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud

Kintan Limiansih 2016. Analisis Buku : Apakah Kegiatan di Buku Siswa Kelas IV SD Kurikulum 2013 telah mendukung pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Inivasi Pendidikan. 06 Agustus 2016, Surakarta. hal 115

Mudjiono Dan Dimyati. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ningrum, Epon. 2013. Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung :Cv Putra Setia

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode Dan Prosedur, Edisi Pertama. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran Ed.1, Cet 1. Yogyakarta: Deepublish

Sudijono, A. 2010. Statistik Pendidikan. Penerbit : Rajawali Pers. Jakarta

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia, 11(1), 65–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi