ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X

Umi Salamah, Rufa Hera, Khairil Hadi

Abstract


ABSTRAK :


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi pada buku teks biologi kelas X dengan Kopetensi Dasar pada materi Keanekaragaman Hayati. Desain penelitian menggunakan penelitian analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku Biologi SMA kelas X, sumber data yang digunakan adalah 1 buku teks biologi  SMA kelas X yang diterbitkan oleh Masmedia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Berdasarkan hasil penelitian yag telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian materi keanekaragaman hayati dengan Kopetensi Dasar pada buku teks biologi yang ditinjau dari aspek kualitas materi dan kesesuaian materi dengan Kopetensi Dasar diperoleh sesuai dengan persentase dari aspek kesesuain 85% .


 


Kata Kunci 
: Materi, Buku teks Biologi, Kopetensi Dasar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hadi, K. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Pendidikan Karakter Melalui Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Se-Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bionatural.

Perdana. 2013 Pengembangan Buku Digital Interaktif (BUDIN) Berbasis Adobe Creative Suite Pada Materi Genetika DI SMK. Semarang Juli 2013

Priyanto SH. 2012. Kriteria Baku Buku Ajar. Makalah disampaikan padaWorkshopPenulisan Buku Ajar Dosen Kopertisi VI. UKSW. Salatiga 31 Mei – 1 Juni 2012

Hera, R., Pendidikan, F. S.-E. J. I., & 2020, undefined. (n.d.). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Educational Research in Indonesia. Edunesia.Org. https://edunesia.org/index.php/edu

Herayana, Hadi, K., & Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negri Kaway XVI. Jurnal Bionatural, 7(1), 61–74. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/416

Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia, 11(1), 65–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi