ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINNGI SISWA TERKAIT PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL

Authors

  • Husnin Nahry Yarza Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Mia Nurhikmah Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka. Jakarta Timur. Indonesia
  • Maryanti Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka
  • Ranti Annisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka
  • Budhi Akbar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka
  • Devi Anugrah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.506

Keywords:

kemampuan, berpikir tingkat tinggi, HOTs, pembelajaran biologi, materi sel

Abstract

Pembelajaran biologi menuntut adanya peran aktif siswa, karena biologi merupakan proses ilmiah yang didasari dengan cara berpikir logis berdasarkan fakta- fakta yang mendukung. Kecerdasan peserta didik dapat ditingkatkan salah satunya dengan cara mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik dalam menyelesaikan persoalan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tujuan tingkatan berpikir siswa SMA di Kuningan Metode: Sebanyak 32 siswa dilibatkan dalam penelitian ini. Instrumen soal kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa 20 butir soal pilihan ganda dengan indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dan soal angket sebagai alat ukur. Data kuantitatif berupa skor nilai ditabulasikan ke dalam Microsoft Excel dan Anova untuk menguji validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Hasil: Indikator mengevaluasi mendapatkan nilai tertinggi yaitu 65.6% dengan kategori cukup. Kesimpulan: Siswa mampu melakukan kemampuan analisis, evaluasi, logika, dan kreasi dengan penalaran yang baik sehingga menunjukan siswa dapat berpikir tingkat tinggi dengan level sedang.

Downloads

Published

2023-07-05