PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI FUNGI UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 9 KUALUH HULU

Authors

  • Sri Rahayu Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia.
  • Indayana Febriani Tanjung Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia.
  • Irwan Syahputra Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i1.504

Keywords:

Pengembangan, ADDIE, Sparkol VideoScribe

Abstract

Pendidikan adalah perbuatan mendidik dari seorang pendidik kepada peserta didiknya dalam hal pengubahan sikap maupun tingkah laku. Selain itu. untuk cakupan yang lebih luas lagi pendidikan ini merupakan usaha yang diperbuat dari seorang pendidik dengan harapan agar seseorang yang didik kedepannya dapat mencapai cita-cita dalam hidupnya. biologi adalah pelajaran yang membutuhkan pendukung dalam penyampaian materinya, seperti halnya dengan media pembelajaran, dimana biologi ini juga terkenal sebagai mata pelajaran yang memiliki berbagai cabang-cabang ilmu. maka peneliti tertarik mengambil judul mengenai “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Fungi untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu”. Desain penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. hasil analisis dari berbagai data yang diperoleh dari lapangan, penulis menyimpulkan bahwa produk yang dikembangkan ini tergolong sudah valid dan sudah layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran biologi di kelas. hasil perhitungan data yang diperoleh dari analisis respon peserta didik didapatkan skor rata-rata 4,1 dengan kriteria “praktis”. video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe dapat dinyatakan efektif dalam pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu.

Downloads

Published

2023-03-31