ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA KELAS XI DITINJAU DARI STANDAR ISI KURIKULUM 2013

Authors

  • Na’imatul Asrovia Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia.
  • Kartika Manalu Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia.
  • Rohani Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i1.503

Keywords:

Analisis, Buku Teks, SMA, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian yang dilakukan berjudul “Analisis Kesesuaian Buku Teks Biologi Materi Sistem Ekskresi Di SMA Kelas XI Ditinjau dari Standar Isi Kurikulum 2013”, yang dilatarbelakangi bahwa semua buku yang diterbitkan harus mengacu pada kurikulum yang berlaku sekarang yaitu Kurikulum 2013. Sistem ekskresi merupakan salah satu pokok bahasan pada buku teks sekolah mata pelajaran biologi. Buku yang beragam membuat sajian materi dan konsep-konsep pada sistem ekskresi berbeda-beda di setiap buku. Maka dilaksanakanlah penelitian ini. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks biologi materi sistem ekskresi di SMA kelas XI ditinjau dari standar isi kurikulum 2013. Metodologi penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang mengacu pada jenis analisis dokumen/analisis isi. Objek penelitian ini adalah 2 buku teks biologi materi sistem ekskresi di SMA kelas XI dari penerbit Erlangga dan Mediatama. Penarikan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode angket, teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Kedua objek memiliki kesesuaian dengan kriteria Sangat Sesuai dengan skor akhir pada buku teks biologi kelas XI terbitan Mediatama adalah 91,58%. Sedangkan buku teks biologi kelas XI terbitan Erlangga memiliki skor akhir 90,08%. (2) Buku teks biologi yang diterbitkan oleh Erlangga memiliki kekuatan pada pendekatan saintifik dan kelemahan pada Kompetensi Intinya, (3) Buku teks biologi yang diterbitkan oleh Mediatama, memiliki kekuatan pada ketersediaan materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dan kelemahan pada pendekatan saintifik

Downloads

Published

2023-03-31