UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA SMP NEGERI 3 KAWAY XVI PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Usman Usman

Abstract


Abstrak : Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus 1 sampai siklus II yaitu, pra siklus (7,69%) siklus 1 (46,15%) dan siklus II (84,61%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana, serta penggunaan metode demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran IPA tingkat SMP.

 

 

Kata Kunci : Metode demonstrasi, Materi pesawat sederhana, Pelajaran IPA

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Tabrani. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Renaja Karya, 1992.

Abu Ahmadi, Startegi Belajar Mengajar, PT. Bandung Pustaka Setia 1997.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press, 2006.

Budijastuti, Widowati, Strategi Pembelajaran Dalam Pelatihan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2001

Depdiknas, Lembaran Negara Republik Indonesia Undang-Undang RI Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

E, Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, Jakarta, 2003

Nasution, A. Hakim. Anak-anak Berbakat, Pembinaan dan Pendidikannya. Jakarta. Rajawali, 1988.

Nur Asma, Model Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Nurhadi, dkk, Pembelajaran contextual Dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.

Ratna W, Dahar, Teori-teori Belajar. (Jakarta, Universitas Terbuka,1989.

Roestiyah N. K., Strategi Pengajaran Ilmu Eksact, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Sudjatmiko, Pokok-pokok Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Suhardjono, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara, 2007.

Suhito, Strategi Pembelajaran Matematika. Semarang. FMIPA IKIP Semarang, 2000.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 1989.

Suyitno, dkk. Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika I.Semarang. FMIPA UNNES, 2004.

Syamsul Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Winata, Putra dan Rosita, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Universitas Terbuka, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.