UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA SMP NEGERI 4 KAWAY XVI PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Banta Lidan

Abstract


Abstrak : Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020.Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 4 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus 1 sampai siklus II yaitu, pra siklus (7,69%) siklus1(46,15%) dan siklus II (84,61%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana, serta penggunaan metode demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran IPA tingkat SMP.

 

Kata Kunci : Metode demonstrasi, Materi pesawat sederhana, Pelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Tabrani. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Renaja Karya, 1992.

Abu Ahmadi, Startegi Belajar Mengajar, PT. Bandung PustakaSetia 1997.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: RinekaCipta, 1993.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press, 2006.

Budijastuti, Widowati, Strategi Pembelajaran Dalam Pelatihan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2001

Depdikbud, Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP, Sains- C4 Model-Model Pengajaran Dalam Pembelajaran Sains ,Jakarta : Depdiknas,2004

Depdiknas, Lembaran Negara Republik Indonesia Undang-Undang RI Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Dinas Pendidikan KabuPutrpaten Sidoarjo, Materi Pengembangan Profesi Guru Tahun 2006. Sidoarjo: Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, 2006.

E, Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, Jakarta, 2003

Enoh, Jurnal Pendidikan, Surabaya: UniversitasNegeri Surabaya, 2004.

Nasution, A. Hakim. Anak-anak Berbakat, Pembinaan dan Pendidikannya. Jakarta. Rajawali, 1988.

Nurhadi, dkk, Pembelajaran contextual Dan Penerapannyadalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Poerwadarminta, KamusUmum Bahasa Indonesia, Jakarta: BalaiPustaka, 1976.

Ratna W, Dahar, Teori-teori Belajar. (Jakarta, Universitas Terbuka,1989.

Roestiyah N. K., Strategi Pengajaran Ilmu Eksact, Jakarta: RinekaCipta, 2001.

Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra,Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Universrsitasterbuka, 1995

Sudjana, Metode Statistik, Bandung: Tarsito, 1992.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1989.

Sudjatmiko, Pokok-pokok Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Suhardjono, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara, 2007.

Suhito, Strategi Pembelajaran Matematika. Semarang. FMIPA IKIP Semarang, 2000.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 1989.

Suyitno, dkk. Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika I.Semarang. FMIPA UNNES, 2004.

Syamsul Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: RinekaCipta, 2002.

Tim Penyusun Buku Sekolah Pendidikan Guru JawaTimur, Teori Hubungan Keluarga, Surabaya: Kancah Republik, 1989.

Widayatun, Mencari Siswa yang Berprestasi,Bandung: RemajaRosdakarya, 1999.

Winata, Putra dan Rosita, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Universitas Terbuka, 1997.

Yahya, dkk Mendidik Anak yang Berprestasi, Jakarta: BumiAksara, 1995


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi