UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPA MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA DI KELAS VIII-3 SMP NEGERI 2 KAWAY XVI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Said Umar

Abstract


Abstrak : Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model  pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi  gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020?”. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus1sampai siklus 2 yaitu, pra siklus (12,90%), siklus1 (64,51%) dan Siklus 2 (93,54%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda, serta penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat dijadikan sebagai salah satu alternative model pembelajaran IPA tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, Materi gerak pada makhluk hidup dan benda, Pelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi dan Joko Triprasetya, Strategi Belajar Mengajar Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Arikunto S., Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara, 1995.

Budi Purwanto, Pelajaran Fisika, Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.

Hasan I. M., Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensi), Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

I.B. Netra, Statistik Inferensial, Surabaya: Usaha Nasional, 1974.

Margaret E. Bell Gredler, Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Rajawali Pers, 1991.

Moh. Nazir, Ph.D, Metode Penelitian, Jakarta: Balai Aksara, 1985.

Muhibbuddin Syah, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rossa Karya, 1995.

Mulyana Sumantri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999.

Nurhaidah, Landasan Pendidikan Sekolah Dasar, Banda Aceh: FKIP Unsyiah, 1999.

Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1998.

Sardawan Danin, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 1995.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 1992.

Syamsul Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Winarno Surachmad, Pengantar Metodelogi Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1978.

Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 1986.

WJS. Poerdaminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet V, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.