UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN KELAS VII/5 SMP NEGERI 1 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Cut Nova Susanti

Abstract


Abstrak : permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode  Eksperimen Pada Pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya Di Kelas VII/5 SMP Negeri 1 Meulaboh Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan umum Penelitian ini adalah untuk mengetahui : Untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa dengan penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya di kelas VII/5 SMP Negeri 1 Meulaboh tahun pelajaran 2018/2019. Adapun pengumpulan data di lapangan penulis menggunakan metode sebagai berikut: Test, yaitu ujian tertulis, soal tes yang akan diberikan kepada siswa  terdiri dari 25 buah soal pilihan ganda tentang materi objek ipa dan pengamatannya untuk pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Kegiatan ini meliputi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan penelitian dan analisis data. Kegiatan yang dilakukan pada tahap persiapan adalah menyusun perangkat pembelajaran, menyusun instrumen sebagai alat untuk mengumpulkan data.  Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada materi objek IPA dan pengamatannya memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus, yaitu pra siklus (7,41%), siklus I (55,56%) dan  Siklus II (92,59%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII/5 SMP Negeri 1 Meulaboh tahun pelajaran 2018/2019 pada pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya, serta penggunaan metode pembelajaran eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA tingkat SMP.

 

Kata Kunci : Metode Eksperimen, Materi Objek IPA Dan Pengamatannya, Pelajaran IPA

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Tabrani, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Renaja Karya, 1992.

Abu Ahmadi dan Joko Triprasetya, Strategi Belajar Mengajar Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Arikunto S., Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara, 1995.

Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono, Supardi, Penlitian Tinadakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara., 2000

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta, 2002.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Bob Foster, Seribu Pena Fisika SLTP Kelas 1. Jakarta, Erlangga, 1999

Budi Purwanto, Pelajaran Fisika, Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Djamarah, BS. Dan A. Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM. 1982

Jamaluddin, strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Balai Aksara, 2003.

Muhaimin, dkk. Strategi Belajar Mengajar: Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, Surabaya: CV. Citra Media, 1996.

Marimba,dkk. Hasil Belajar, Jakarta, Balai Pustaka, 1978

Nawawi, Strategi dan Hasil Belajar, Jakarta, Balaiaksara, 1981

Nurhadi dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.

Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976

Roestiyah N. K., Strategi Pengajaran Ilmu Eksact, Jakarta: Rineka Cipta, 2001

Sudjatmiko, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sukardi, Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta, Balai pustaka, 2004.

Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo, 2008.

Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Suyanto, Pedoman Pelaksanaan Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud, 1997.

Sumadi dkk, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1989.

Tim, Abdi Guru, IPA Terpadu Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga, 2006

Winarno Surachmad, Pengantar Metodelogi Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1978.

Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 1986.

WJS. Poerdaminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet V, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Yahya, dkk Mendidik Anak yang Berprestasi, Jakarta: Bumi Aksara, 1995


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi