PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA TORSO PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTE CEUREUMEN KEC PANTE CEUREUMEN KAB ACEH BARAT

Feri Irwan, Khairil Hadi, Arief Aulia Rahman

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery learning berbasis torso Terhadap hasil belajar siswa dengan menyelesaikan soal system pernafasan berbentuk multiphe choise. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan ini adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah  siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen yang berjumlah 48 siswa. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah lembar tes dengan bentuk soal Multiphe choise. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotetesis dan tahap kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen pada tanggal 18 september 2019 sampai dengan selesai. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa banyaknya siswa yang hasil belajarnya kurang  khususnya pada materi Sistem Pernafasan, dari 24 orang dikelas experimen hanya 1 orang siswa yang mendapatkan nilai 80 pada Posttest dan dikelas Kontrol hanya 1 orang yang mendapatkan nilai 80. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa hasil belajarnya rendah yaitu siswa kurang teliti dalam melakukan pembelajaran, adanya Kesulitan yang dialami mengakibatkan siswa memberikan hasil yang berbeda dengan jawaban yang diminta. Sikap terburu-buru dari siswa dalam menyelesaikan soal juga memicu kesalahan pada penyelesaian soal. Kurangnya ketelitian siswa dalam membaca soal yang diberikan juga menyebabkan kesulitan yang lain yaitu siswa kurang memahami maksud dari soal sehingga siswa tidak mengetahui langkah-langkah penyelesaian yang harus dilakukan.

Kata kunci : Discovery Learning; Hasil belajar siswa;  pendekatan kuantatif; system pernafasan;  Torso.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Irmansyah, Fiki Bagus. 2014. Efektivitas Media Pembelajaran Model Torso Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Siswa kelas Viii Smp Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Teknik Pendidikan

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Kurniasih, Imas., & Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum2013.Yogyakarta:Kata Pena

Kustandi, Cecep., & Sutjipto, Bambang. 2011.Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Galia Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rahmah, Cut Siti. 2018. Indentifikasi Permasalahan Belajar Siswa Di Man 2 Banda Aceh. Banda aceh: UIN Ar-Raniry

Rohim, Fathur., Susanto, Hadi., & Ellianawati. 2012. PenerapanModel Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan BerpikirKreatif.UnnesPhysicsEducatin Journal.Tersediapadahttp://journal.unn es.ac.id/sju/index.ph p/upej, (diakses tangal7 Maret 2013)

Sudjana, Nana. 2007. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiono. 2013. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Usman, Moh Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : PT. Remaja

Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.