PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAWAY XVI

Herayana Herayana, Khairil Hadi, Fetro Dola Syamsu

Abstract


 

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Validitas modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 2). Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar melalui modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 3). Respon siswa terhadap modul biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakakan adalah Penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D, dimulai pada tahap define (pendefinisian) dengan menganalisis tujuan, tahap design (perencanaan) dengan menyusun modul, tahap develop (pengembangan) yang menghasilkan modul yang telah direvisi dan telah di uji cobakan pada uji terbatas di lapangan. Adapun yang menjadi Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 2 SMA N 1 Kaway XVI pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan siswi perempuan terdiri dari 14 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data uji coba diperoleh; 1) Modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan sangat valid, ditinjau dari hasil validator ahli bahasa, ahli materi dan ahli bahasa, rata-rata validasi ahli sebesar 94,3%  dengan kategori Sangat Valid 2). Modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dilihat dari hasil belajar yang berupa pre test dan post test yang dikerjakan oleh siswa. Rata-rata hasil Post test siswa sebesar 81,81% dengan kategori Sangat Efektif 3). Respon positif siswa terhadap modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan, rata-rata respon siswa terhadap modul yang dikembangkan sebesar 88,67% dengan kategori Sangat Praktis.

 

Kata Kunci : Modul ; Model 4-D; Keanekaragaman Hayati; Pendekatan Jelajah Alam Sekitar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dheby Kurnia R,Hamzah.2017. “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Pencemaran Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa”. (Skripsi). Samata: UIN Alaudin Makassar.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Webe Agung. Smart Teaching. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.