UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PELAJARAN IPA MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 KAWAY XVI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nursian Nursian

Abstract


Abstrak : Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya siswa kelasVII SMP Negeri 3 Kaway XVI tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran IPA objek IPA dan pengamatannya siswa kelasVII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (12,50%)    siklus I (62,50%) dan siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penerapan model  pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 pada pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya, serta penggunaan strategi model pembelajaran numbered head together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA tingkat SMP.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Materi Objek IPA Dan Pengamatannya, Pelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depdikbud, (2004), Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP, Sains- C4 Model-Model Pengajaran Dalam Pembelajaran Sains ,Jakarta : Depdiknas

Depdiknas, (2003), Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP. Sains-C4 Model-Model Pengajaran Dalam Pembelajaran Sains, Jakarta, Depdiknas

Depdiknas, (2003), Lembaran Negara Republik Indonesia Undang-Undang RI Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Djamarah, BS. Dan A. Zain, (1996), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta

E, Mulyasa, (2003), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara

Evendi, (1999), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SLTP Pokok Bahasan Cahaya Berorientasi Model pembelajaran langsung. (Thesis) Surabaya, IKIP Surabaya, tidak di publikasikan

Hamalik, Oemar, (1999), Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

John, K., Bilhart,. J. Ganales, Gloria, (1998), Effective Group Discussion, Boston, McMillan Publishing Company

Kartini Kartono, (1974), Pengantar Metodologi Research Sosial, Bandung: Alemel

Kistian, A. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh”. Genta Mulia, Vol. IX, No. 2, Jul. 2018.

Ngandi Kantu, (1995), Pengajaran Fisika yang Menarik, Jakarta: Unversitas Kristen Satya Wacana

Ratna W., Dahar, (1989), Teori-teori Belajar. Jakarta, Universitas Terbuka

Richard I, Arends, (1997), Classroom Instruction And Management. New York, Mc. Graw-Hill Book Co. Inc

Robert, E Slavin., (1997), Educational Psycology, Theori and practice (Fourth Edition, Massachusetts, USA, Allyn and Bacon Publishers

Rusyan, Tabrani. dkk, (1994), Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung, Remaja Karya

Sardiman, A.M, (1996), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Simanjuntak, Lisnawaty. Dkk, (1992), Metode Mengajar Matematika 1. Bandung, Rineka Cipta

Slameto, (1995), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, (1995), Cooperatif Learning : Theori Research and Practice, Boston: Allyn and Bacon Publiser

Soejanto, Agoes., (1979), Bimbingan Ke arah Belajar yang Sukses. Surabaya : Rineka Cipta

Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra, (1995), Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Universrsitas terbuka

Sudjana, N, (2002), Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algasindo

Suryabrata, Sumadi, (1990). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset

Winarno Surachmad, (1978), Pengantar Metodelogi Ilmiah, Bandung: Tarsito

Winkel. W.S, (1987), Psikologi Pengajaran. Jakarta , Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.