UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA SMP NEGERI 3 MEULABOH KONSEP SUHU DAN KALOR

Haris Haryadi

Abstract


 

Abstrak : Penelitian tentang keaktifan belajar dan ketuntasan hasil belajar kognitip siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) konsep Suhu dan Kalor pada SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar kognitip siswa pada konsep Suhu dan Kalor dengan menggunakan model Numbered Head Together. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas.  Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 20 September 2018 sampai dengan 30 November 2018 di kelas VII-1 SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus  yang dilaksanakan guru IPA berkolaborasi dengan guru mitra ( rekan sejawat ).  Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa, respon siswa terhadap proses belajar, dan tes uji kompetensi.  Analisis data menggunakan tekhnik prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dari siklus I ke siklus II dapat meningkatkan keaktifan belajar dan ketuntasan hasil belajar kognitip siswa: (1) keaktifan belajar siswa yang termasuk kategori tinggi mengalami peningkatan sebesar 50%, (2) hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 40%.

 

Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Numbered Heads Together (NHT)

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anita Lie. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haris Herdiansyah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika

Herman Y. S. E. dan Yustiana W. H. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius (Anggota IKAPI).

Kistian, A. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh”. Genta Mulia, Vol. IX, No. 2, Jul. 2018.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Miftahul Huda. (2012). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin Robert E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wina Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.