PENERAPAN ASESMEN FORMATIF UNTUK MENINGKATAN SELF REGULATION DAN PENGUASAAN KONSEP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Authors

  • Eka Kartikawati FKIP UHAMKA

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i1.328

Keywords:

asesmen formatif, self regulation, penguasaan konsep

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan asesmen formatif
dalam meningkatkan self regulation dan penguasaan konsep mahasiswa pendidikan biologi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian one-group pretest-postest
yang dilakukan di Jurusan pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Jakarta pada mahasiswa yang mengontrak
mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup pada semester genap 2012/2013 sejumlah 30 orang. Instrumen
yang digunakan terdiri dari angket Self Regulation awal dan akhir, pretest dan postest penguasaan konsep
serta angket respon mahasiswa, task dan rubric presentasi perkuliahan, lembar observasi presentasi
kelompok, learning Journal, angket mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran pada mata kuliah
Pendidikan Lingkungan Hidup serta catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan indeks Gain untuk
mengetahui peningkatan self regulation dan penguasaan konsep, uji-t untuk serta uji regresi untuk melihat
konrtibusinya. Pembahasan difokuskan pada peningkatan self regulation dan penguasaan konsep, kontribusi
asesmen formatif terhadap self regulation dan respon mahasiswa terhadap penerapannya. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan self regulation.
Asesmen formatif menunjukkan kontribusi umpan balik (31,2%), self assessment (15,1%) dan peer
assessment (14%). Asesmen formatif berpengaruh terhadap kategori self regulation (25,8%). Berdasarkan
hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan asesmen formatif pada mata kuliah pendidikan
lingkungan hidup mendapat respon positif dari mahasiswa serta dapat meningkatkan kemampuan self
regulation di atas nilai standar 0,58 (N-gain sedang). Penerapan asesmen formatif terhadap peningkatan
penguasaan konsep tidak berkorelasi signifikan, tetapi penerapan asesmen formatif tetap memiliki kontribusi
terhadap peningkatan penguasaan konsep walaupun cenderung kecil dan dapat diabaikan. Penerapan asesmen
formatif mendapat respon positif dari mahasiswa

Downloads

Published

2023-03-31