APLIKASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MATERI MUTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SALAH SATU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SERANG
Keywords:
: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kebutuhan Belajar, DeskriptiAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan
memperhatikan kebutuhan belajar setiap peserta didik. Kebutuhan belajar yang dimaksud
yakni terkait dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik. Penulis merasa
bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu membantu peserta didik dalam meningkatkan
pemahaman belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi
pelaksanaan pembelajaran diferensiasi pada materi mutasi untuk peserta didik tingkat SMA.
Analisis data yang dilakukan secara deskriptif. Lebih lanjut penulis mengemukakan terdapat
tiga (tiga) strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi, yakni konten, proses dan produk. Hasil
dari aplikasi pelaksanaan pembelajaran diferensiasi pada diferensiasi konten, proses maupun
produk berjalan dengan baik, hal ini dapat terlihat dari aktivitas peserta didik yang
berkembang. Proses pembelajaran berdiferensiasi juga dapat memberikan ruang kebebasan
kepada peserta didik untuk mengeksplorasi apa yang telah mereka pahami dengan berbagai
macam kreativitas yang dimiliki oleh setiap peserta didik. selain itu, perkembangan zaman
akan terus meningkat, sehingga kita sebagai guru harus selalu memperbaharui kemampuan
diri dan juga kemampuan peserta didik agar tidak tertinggal oleh zaman yang berkembang,
maka salah satu solusinya dapat menggunakan pembelajaran berdiferensiasi untuk
meningkatkan dan mengembangkan kemampuan peserta didik.