ANALISIS KETRAMPILAN BERTANYA SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENDEKATAN STUDI KASUS DI SMPNEGERI 5 SEUNAGAN

Fitria Zuraida, Fetro Dola Syamsu, Henra Saputra Tanjung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan bertanya serta kualitas pertanyaan yang diajukan oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Seunagan pada pembelajaran Biologi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif degan pendekatan studi kasus. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Seunagan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 38 orang. Untuk memperoleh data lapangan, penulis menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 5 Seunagan berada pada kategori sedang. Sedangkan secara kualitas dan kuantitas pertanyaan siswa SMP Negeri 5 Seunagan berada pada katagori rendah. Hal ini karena bentuk pertanyaan yang diajukan oleh siswa masih berada pada tingkatan kognitif menghafal (C1), yaitu sebesar 50% dari total 138 butir soal.


Full Text:

PDF

References


Agustina, P.,Lisdiana, dan Marianti, A. 2015. Problem Posing Card (Ppc): Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa. (jurnal). Universitas Negeri Semarang. Semarang. 8 hlm.

Asril, Z. 2012. Micro Teaching. Grafindo Persada. Jakarta. 208

Handayani, S. 2014. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar Melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. (Jurnal). Universitas Jember. Jember.15 hlm.

Harlin. 2012, Teknik Bertanyan (online)upload 3, Juni 2012 Harlin rajuli. blogspot.com.

Harsanto, R. 2013. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Kanisius. Yogyakarta.

Mursiti, S. 2013. Pembelajaran dengan Penyajian Peta Konsep Sebagai Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Biosintesis Al-kaloid Pada Mata Kuliah Kimia Organik Bahan Alam Di FMIPA Universitas Negeri Malang. (Jurnal). Universitas Negeri Malang. Malang. 11 hlm.

Oktarina, N. 2011. Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. (Jurnal). UNNES. Semarang. 10 hlm.

Prilianti, R. 2014. Keterampilan Proses Sebagai Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran IPA. Diakses dari http://bdk semarang. kemenag.go.id.

Rokhman, F. 2013. Harapan Besar Implementasi Kurikulum 2013. Diakses dari http://kemdikbud.go.id.

Sudjoko. 2014. Membantu Siswa Belajar. MIPAUNY. Yogyakarta.

Supriyadi.2013. Strategi Belajar & Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu.

Syarif, M. 2015. Materi pelatihan guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2015. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Yuliani. 2014. Analisis Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Gender dan Taksonomi Bloom. (Jurnal).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi