PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL BIOLOGI SEBAGAI SARANA PRAKTIKUM YANG EFEKTIF DAN EFISIEN UNTUK MENCAPAI PENGALAMAN BELAJAR YANG MENYENANGKAN

Zainal Abidin Suarja, Cut Aswadi

Abstract


Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan dan metode pembelajaran menjadi hal yang mudah dan menarik untuk dikembangkan. Saat ini, pembelajaran berbasis TIK telah mulai digunakan dalam proses pembelajaran baik sebagai media menyampaikan materi hingga pengembangan-pengembangan laboratorium berbasis TIK. Selain sebagai sarana untuk mempermudah pelayanan terhadap peserta didik, memanfaatkan laboratorium virtual dalam proses pembelajaran diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang dialami peserta didik dalam melakukan praktikum sains sehingga memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Laboratorium virtual di lembaga pendidikan bisa digunakan sebagai alternatif bahkan pilihan utama dalam membantu proses belajar mengajar yang akan dilangsungkan sebagai pengganti laboratorium nyata jika keadaan sekolah dan pembelajaran dianggap tidak sesuai. Untuk mengenalkan laboratorium virtual diperlukan adanya pelatihan dan asistensi yang langsung diberikan kepada guru-guru Biologi yang akan menggunakan media dan metode ini dalam pembelajarannya. Kegiatan bisa dimulai dengan melakukan observasi dan studi lapangan untuk memeriksa dan mendapatkan informasi yang tepat terkait keadaan dan kondisi laboratorium dan proses pembelajaran di sekolah yang akan menggunakan lab virtual tersebut. Setelah menginventaris dan mengidentifikasinya aplikasi laboratorium virtual yang akan diterapkan kepada para guru sesuai keadaan lapangan, selanjutnya dengan bantuan dari kelompok ahli terkait aplikasi-aplikasi yang telah ditemukan dilatihkan kepada  guru pada sekolah tersebut. Di akhir pelatihan dan asistensi program tersebut bisa dipublikasikan ke publik untuk mendapatkan feedback tambahan sehingga model dan metode laboratorium virtual akan semakin berkembang di kalangan pendidik.

 

 

Kata-kata kunci: Teknologi Informasi, Laboratorium Virtual, Pembelajaran Biologi

 



References


Anita, Lei (2002). Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi; Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana. Jakarta.

Hamidah I. (2008). Developing electric field learning media using Finite Element Method Laboratory to enhance the quality of physics learning instruction. Preceding of UPI-UPSI International Seminars, Perak-Malaysia.

Heri K. (2009). Pengajaran Konsep Sistem Operasi Dengan Memanfaatkan Perangkat Lunak Mesin Virtual Dan Minix. Jurnal ISSN: 1907-5022. SNATI. Yogyakarta.

Krismanto, Al. (2009). ”Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam pembelajaran”.Makalah. Disampaikan dalam rangka pelatihan pengembangan SMU 20 Juli s.d. 10 Agustus 2003. Depdiknas, Ditjen Dikdasmen PPPGYogyakarta.

Munir. (2010). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Bandung, Penerbit: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugroho S. (2008). Dasar-dasar Rancangan Percobaan. Bengkulu; UNIB Press Bengkulu.

Oos M. Anwas, (2003). Model Inovasi Elearning Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Puspita, Rani. (2008). Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma.Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT2008) Auditorium UniversitasGunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008.ISSN : 1411-6286.

Putra, I Ketut Gede Darma. (2009). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi. Rakorda Disdikpora Bali.

Salam, Haipin dkk (2010). Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Listrik Dinamis. Proceedings of the 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung Indonesia, 8-10 November 2010.

Suarja, Z. A. (2013), Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Jurnal Biology Education. ISSN 2302-416XX. Volume 2 No. 2 April 2013

Sutrisno, J. (2010). Peranan Multimedia dalam Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa. http:// www.erlangga.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi