PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS IX SMP NEGERI 1 SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Rita Oktavia STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Khairil Hadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Desi Safriani STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v8i1.282

Keywords:

: Model Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh model discovery
learning terhadap hasil belajar pada materi sistem ekskresi di kelas IX SMP Negeri 1 Samatiga
Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif.dengan jenis penelitian eksperimen quasi dan Disain kelompok kontrol yang nonekuivalen. . Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 1 Samatiga Kecamatan
Samatiga Kabupaten Aceh Barat semester ganjil tahun ajaran .. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IX semester ganjil tahun ajaran . sebanyak dua kelas yaitu kelas IX A sebanyak 36
siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data menggunakan Instrumen tes hasil belajar.yang dianalisa data adalah data
kuantitatif ini dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan statistik. Hasil penelitian ditemukan
terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang diajar menggunakan model
discovery learning dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan model discovery learning.
(kriteria thitung ≤ ttabel ) dengan demikian ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 68 sebesar 1,990
ternyata thitung lebih besar dari ttabel (2,901 >1,990) sehingga H0 yang berbunyi tidak ada pengaruh
hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang diajar menggunakan model discovery learning
dengan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan model discovery learningberhasil ditolak

Downloads

Published

2023-05-20